Proposal PKM-K

Posted: July 17, 2013 in Uncategorized

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

 “Anehdot (Aneka Hiasan Sedotan)”

 

 

BIDANG KEGIATAN :

PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)

 

 

Diusulkan oleh :

Andhista Pratamajaya             (08013137)

Fajaruddin Dewantara                        (11013014)

Henri Wirawan                        (11013039)

Ragayu Prita Budhi                (11013049)

Diah Rizki Larasati                 (11013063)

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

YOGYAKARTA

2013

 

HALAMAN PENGESAHAN

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

 

  1. Judul Kegiatan              :  “Anehdot (Aneka Hiasan Sedotan)”
  2. Bidang Kegiatan                       :  (  ) PKM-P (  ) PKM-M  (  ) PKM-K (√ )

(  ) PKM-T

  1. Ketua Pelaksana Kegiatan
    1. Nama Lengkap                                     : Fajaruddin Dewantara
    2. NIM                                                     : 11013014
    3. Jurusan                                                 : Psikologi
    4. Universitas                                           : Universitas Ahmad Dahlan
    5. Alamat Rumah dan No Tel./HP           :
    6. Alamat email                                        : -

Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis   : 5 Orang

Asisten Pendamping                            : -

  1. Biaya Kegiatan Total
  2. Jangka Waktu Pelaksanaan           :  5  bulan
  1. Dikti                                        : Rp. 12,500.000
  2. Sumber lain                             : -

                                                

Yogyakarta, 21 Juni 2013

Menyetujui

Dosen Pembimbing                                             Ketua Pelaksana Kegiatan

(Unggul H. N. Utomo, M.Si, Psikolog)                          (Fajaruddin Dewantara)

NIY. 60010241                                                    NIM. 11013014

Wakil Ketua Kaprodi

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan

 

 

 

(Erny Hidayati, S.Psi.)

NIP. 60010378

  1. A.    JUDUL PROGRAM

    “Anehdot (Aneka Hiasan Sedotan)

  1. B.     LATAR BELAKANG MASALAH

Dewasa ini perubahan iklim yang sangat ekstrem dan isu – isu lingkungan sangat marak terdengar di masyarakat. perubahan pola dan gaya hidup masyarakat yang dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi dan komunikasi sangatlah berpengaruh terhadap sikap manusia terhadap lingkungan sekitar. Perubahan pola dan gaya hidup yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan komunikasi ini telah membawa manusia dalam masalah-masalah lingkungan yang sangat kompleks, banyak nya bencana seperti banjir, tanah longsor, angin topan, global warming dan kekeringan merupakan bencana alam yang sebagian besar merupakan dampak dari perilaku manusia dalam memperlakukan lingkungan sekitar. Selain itu, perkembangan teknologi dan komunikasi menjadikan kebutuhan manusia menjadi lebih banyak, semakin banyak kebutuhan dari manusia maka semakin banyak permintaan dari manusia kepada alam sekitar dalam memenuhi kebutuhan mereka, akibatnya banyak dari manusia yang terlalu mengekploitasi sumber daya alam yang ada guna memenuhi kebutuhan mereka secara berlebihan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Jika kita membicarakan manusia dalam hubungan dengan lingkungan manusia adalah salah satu anggota ekosistem yang mempunyai fungsi dan posisi tertentu maka kita harus mendefinisikannya secara tertentu pula. Salah satu definisi yang penyusun anggapan paling sesuai untuk menggambarkan manusia dalam rangka hubungan dengan lingkungan adalah seperti yang diajukan oleh S. Kaplan dan R. Kaplan (1989), yaitu manusia adalah mahkluk sosial berakal sehat.

Sebagai mahkluk berakal sehat, manusia selalu ingin menggunakan akal sehatnya, tetapi iya tidak selalu bisa melakukannya. Faktor yang paling mempengaruhi dalam mewujudkan akal sehatnya itu adalah situasi dan kondisi lingkungan. Disinilah, menurut S. Kaplan dan R. Kaplan, manusia sebagai mahkluk berakal sehat berbeda dari manusia sebagai makhluk rasional. Rasio tidak bergantung pada situasi, sedangkan akal sehat bergantung pada situasi, sebagai mahkluk rasional misalnya, manusia tahu bahwa jika ia membuang sampah sembarangan, ia akan mengotori lingkungan dan hal ini berlaku dimana saja dan kapan saja selain itu juga apabila sampah-sampah dibiarkan saja maka akan menyebabkan global warming. Akan tetapi, jika manusia kebetulan sedang berada di tempat yang memang sudah kotor dan penuh dengan sampah, akal sehatnya akan berkata bahwa tidak apalah ia membiarkan sampah tersbut ditempat itu dari pada ia harus repot-repot memungut sampah yang kotor dan banyak kuman itu.

Di Indonesia ini banyak orang telah mengetahui bahwa menjaga kelestarian lingkungan sangatlah penting untuk tetap memelihara tanah air Indonesia ini seiring berkembangnya waktu dan semakin meningkatnya pencemaran ‘global warming’ serta banyak terjadinya bencana alam. Namun, masih banyak orang yang menjadikan itu hanya sebatas pengetahuan mereka saja dan tidak mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, sampah-sampah yang sudah dibuang dan dianggap sudah tidak berfungsi lagi, ada banyak cara untuk memanfaatkan limbah sampah-sampah tersebut menjadi sebuah karya manusia yang bisa berfungsi dan bermanfaat. Namun masih banyak masyarakat yang tidak memikirkan hal itu dan mereka berpikir juga tidak ingin repot-repot memungut sampah itu untuk dijadikan sebuah karya yang lebih bermanfaat.

  1. C.    PERUMUSAN MASALAH

Permasalahan yang menjadi latar belakang proposal ini adalah :

  1. Banyaknya sampah yang dibiarkan menumpuk yang dapat menyebabkan

global warming

  1. Kurangnya inisiatif untuk mendaur ulang limbah sampah yang menumpuk
  2. Banyaknya sedotan yang langsung dibuang setelah sekali dipakai
  3. Banyaknya gangguan kesehatan yang diakibatkan dari penggunaan sedotan bekas untuk dipakai kembali
  1. D.    TUJUAN PROGRAM

Program ini bertujuan:

  1. Memanfaatkan limbah sampah dengan mendaur ulangnya khususnya limbah sampah yang berupa sedotan.
  2. Membuat inovasi berupa aneka hiasan dengan bahan dari sedotan
  1. E.     LUARAN YANG DIHARAPKAN

Produk yang dihasilkan adalah pernak-pernik dari sedotan. Pernak-pernik sedotan ini dibuat untuk menambah inovasi dan menampilkan barang-barang berupa pernak-pernik dari bahan sedotan seperti tempat pensil, dompet kecil, dll. Pernak-pernik sedotan ini diharapkan nantinya dapat menjadi konsumsi publik dan bisa membantu mengurangi limbah sampah yang tidak bermanfaat.

 

  1. F.     KEGUNAAN

Kegiatan ini memiliki kegunaan yang baik diantaranya :

  1. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan berwirausaha mahasiswa.
  2. Kegiatan ini melatih kemampuan bekerja sama di dalam tim.
  3. Kegiatan ini dapat mengasah kreatifitas mahasiswa
  4. Dapat meningkatkan manajemen waktu dan uang mahasiswa.
  5. Dapat meningkatkan konsumsi masyarakat akan aneka hiasan dari bahan

sedotan.

  1. Dapat menjadi inspirasi dalam mendaur ulang limbah sampah yang hanya

dibiarkan begitu saja

  1. G.    GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Rencana usaha ini awalnya memiliki tujuan yang baik untuk masa depan kami. Tujuannya selain ingin mendapat keuntungan dan tambahan uang saku, usaha ini diharapkan dapat meringankan beban orang tua kita sehingga tidak perlu membiayai uang saku, lalu ingin membuat inovasi lain dengan cara mendaur ulang limbah sampah terutama barang yang berupa sedotan untuk dijadikan aneka hiasan.

  1. Product (Produk)

Produk ini merupakan pengembangan dari pengolahan limbah sampah khususnya yang berupa sedotan sebagai hiasan yang lebih bermanfaat. Keunggulan yang dimiliki produk ini adalah memanfaatkan limbah sampah sebagai sesuatu yang diolah menjadi barang yang bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan.

“Anehdot” memiliki beberapa aneka hiasan,  diantaranya yaitu:

  1. Hiasan Lampu
  2. Hiasan gorden
  3. Tempat pensil
  4. Tempat tisu

Tetapi produk utama yang lebih kami fokuskan adalah hiasan lampu dari bahan sedotan .

  1. Price (Harga)

Karena kami memfokuskan pada hiasan lampu maka hiasan lampu ini akan kami jual mulai dari harga paling minim dari harga produksinya, yaitu Rp 25.000 per buah. Sehingga dengan harga       Rp 25.000 per buah kami mentargetkan pada kalangan mahasiswa dan kalangan masyarakat menengah ke bawah, karena menurut kami harga jual yang tidak terlalu tinggi akan membantu memperlancar proses penjualan untuk semua kalangan. Harga tersebut juga ditentukan berdasarkan perhitungan dengan biaya produksinya, selanjutnya harga akan mulai kami pertimbangkan jika tingkat permintaan konsumen mulai meningkat. Sehingga telah kami perhitungkan besarnya nilai keuntungan yang akan kami peroleh. Sedangkan hiasan gorden akan kita jual dengan harga Rp 35.000 karena bahan-bahan gorden tersebut akan ditambah dengan manik-manik penuh warna. Sedangakan untuk tempat pensil kita jual dengan harga mulai dari Rp 7.000-Rp 20.000 tergantung dari ukuran dan variasi. Untuk kotak tisu standar ukuran tisu biasa kita jual dengan mulai harga Rp 15.000.

 

  1. Place (Tempat/Lokasi Produksi)

Tempat produksi Aneka Hiasan Sedotan Anehdot ini di Jalan Wonosari km8 Potorono RT3 Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta, dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut strategis dan memudahkan dalam pencarian bahan baku.

  1. Promotion (Promosi)

Secara umum, dalam memasarkan produk yang baru, maka sektor promosi merupakan hal yang sangat penting untuk kami perhatikan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk kami yaitu:  

  1. Penyebaran Informasi secara langsung

Penyebaran informasi secara langsung dilakukan oleh kelompok “Anehdot” dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Cara promosi demikian dimulai pada teman-teman kami. Dengan begitu, diharapkan dapat memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen akan dapat menyebarkan keunggulan produk kami kepada lebih banyak orang.

  1. Pemberian Informasi secara tidak langsung

Pemberian informasi secara tidak langsung dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, diantaranya penyebaran brosur dan leaflet, penempelan poster, pemasangan spanduk, dan pemasangan banner produk “Anehdot” akan menggambarkan keunggulan produk kami dalam media promosi tersebut yang secara otomatis juga akan menyertakan nomor telepon untuk memudahkan konsumen yang akan meminta pesanan

  1. Melalui sarana teknologi dan informasi

Semakin berkembangnya teknologi, fasilitas internet semakin mudah didapatkan. Jadi sudah hal yang biasa jika memanfaatkan internet sebagia media promosi. Promosi dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu promosi juga dapat dilakukan melalui broadcast melalui BBM.

  1. People (Orang)

Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot”  menggunakan sumber daya manusia untuk membuat dan memasarkan produknya. Tanpa adanya manusia, Produk Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot” tidak akan bisa dibuat  dan dipasarkan. Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot” dibuat dan dipasarkan oleh 5  orang yang semuanya merupakan anggota dari pembuatan PKM Kewirausahaan ini. Konsumen sebagai pembeli berinteraksi dengan pembuat dan pemasar c  sehingga menciptakan proses jual beli.

  1. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot” dalam pemasarannya memiliki beberapa ciri-ciri. Ciri tersebut adalah perbedaan dalam sistem produksi produk yang menambahkan manik-manik untuk mempercantik produk yang akan dipasarkan. Selain itu hal itu kami juga mengutamakan kualitas produk Aneka Hiasan sedotan “Anehdot” karena produk-produk hiasan tersebut adalah handmade, sehingga kualitas dari Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot” ini mengedepankan kualitas produk.

  1. Process (Proses)

Proses pembuatan Aneka Hiasan Sedotan “Anehdot” dilakukan secara manual dengan merangkai produk-produk kami yang dilakukan secara handmade. Pembuatan sedotan menjadi bentuk-bentuk tertentu (lingkaran, bunga/segi lima) menggunakan proses handmade,  setengah itu bahan yang setengah jadi tersebut dironce dan dirangkai sesuai dengan produk yang akan diproduksi

  1. H.     METODE PELAKSANAAN PROGAM
    1. a.      Tahap Perencanaan
  1. Pra Produksi

Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.

Hal kedua yang perlu dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu melakukan studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan ini memiliki prospek yang menguntungkan dan memiliki prospek jangka panjang.

  1. Tahap Persiapan

Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untk menunjang proses produksi.

Persiapan dan pengadaan  bahan baku serta perlengkapan alat-alat untuk langkah awal memulai suatu usaha. Persiapan bahan baku yang lengkap akan memudahkan saat proses produksi.

  1. Tahap Pengadaan Produk

Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan, hal yang perlu dilaksanakan adalah mengetahui gambaran akhir produk, pengemasan produk, keserasian produk dengan objek di lapangan, serta penampilan produk. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat.

  1. Produksi
  1. Tahap pelaksanaan kegiatan

Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapan tersebut meliputi persiapan bahan baku, kegiatan pengolahan  dan pembuatan produk, pengemasan, dan juga pemasaran kepada konsumen

Salah satu kegiatan produksi adalah pemasaran. Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting karena dengan pemasaran, produk yang dihasilkan dapat dipasarkan kepada konsumen. Pemasaran dapat dikatakan berhasil ketika terdapat suatu strategi pemasaran yang efektif dan menarik konsumen, misalnya melalui mekanisme penentuan segmentasi pasar dan pemasaran melalui media-media sosial yang atraktif dan dapat menarik konsumen. Pemasaran juga harus memperhatikan segmentasi konsumen dan segmentasi lokasi pemasaran, kegiatan promosi dan kegiatan perluasan usaha atau pangsa pasar.

Promosi dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Hal ini dilakukan dengan membuat pamflet-pamflet yang di design  dengan sedemikian rupa dan berisi informasi tentang gambaran produk, penawaran barang dan harga,  cara pemesanan, diskon yang diberikan kepada pelanggan serta mengenai lokasi penjualan produk. Sasaran pamflet  ini adalah tempat-tempat umum yang potensial untuk dikunjungi banyak orang, seperti pasar, alun-alun kota, kantor-kantor pemerintah, lembaga pendidikan, dan pada tempat-tempat strategis misalnya di daerah perempatan atau pertigaan jalan raya yang sering dilalui oleh banyak orang.

  1. Pasca Produksi
  1. Tahap pelaporan

Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.

                                                                                                             

  1. I.        JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN

 

Kegiatan  PKM ini direncanakan berlangsung 5 bulan. Rencana program ini tertera pada tabel dibawah ini :

Tabel Rencana Jadwal Pelaksanaan Program

No Jenis Kegiatan Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1. Pengumpulan bahan baku (sedotan)
2. Pembelian alat
3. Pembelian Bahan
4. Riset Pasar
5. Proses Produksi (pembuatan bahan)
6. Pembuatan banner
7. Promosi
8. Penyerahan laporan
  1. J.      NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK

Ketua dan Anggota Kelompok

  1. 1.      Biodata Ketua
    1.               a.      Nama Lengkap                       : Fajaruddin Dewantara
    2.              b.      NIM                                        : 11013014
    3.               c.      Tempat, tanggal lahir              : Bandung, 21 Desember 1993
    4.              d.      Fakultas/Program Studi          : Psikologi /Psikologi
    5.               e.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Ahmad Dahlan
    6.               f.      No. Telp                                  : 08175415505
    7.              g.      Email                                      : –
    8.              h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu

Ketua Pelaksana,

Fajaruddin Dewantara

11013014

  1. Biodata Anggota 1
    1.               a.      Nama Lengkap                       : Andhista Pratamajaya
    2.              b.      NIM                                        : 08013137
    3.               c.      Tempat, tanggal lahir              : Pati, 18 Desember 1989
    4.              d.      Fakultas/Program Studi          : Psikologi /Psikologi
    5.               e.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Ahmad Dahlan
    6.               f.      No. Telp                                  : 085643205209
    7.              g.      Email                                      : -
    8.              h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu

Anggota Pelaksana,

Andhista Pratamajaya

0801313

  1. Biodata Anggota 2
    1.               a.      Nama Lengkap                       : Henri Wirawan
    2.              b.      NIM                                        : 11013039
    3.               c.      Tempat, tanggal lahir              : Yogyakarta, 22 April 1993
    4.              d.      Fakultas/Program Studi          : Psikologi /Psikologi
    5.               e.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Ahmad Dahlan
    6.               f.      No. Telp                                  : 085741147387
    7.              g.      Email                                      : -
    8.              h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu

Anggota Pelaksana,

Henri Wirawan

11013039

  1.  Biodata Anggota 3
    1.               a.      Nama Lengkap                       : Ragayu Prita Budhi
    2.              b.      NIM                                        : 11013049
    3.               c.      Tempat, tanggal lahir              : Yogyakarta, 9 Februari 1993
    4.              d.      Fakultas/Program Studi          : Psikologi /Psikologi
    5.               e.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Ahmad Dahlan
    6.               f.      No. Telp                                  : 085729515399
    7.              g.      Email                                      : -
    8.              h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu

Anggota Pelaksana,

Ragayu Prita Budhi

11013049

  1. Biodata Anggota 4
    1.               a.      Nama Lengkap                       : Diah Rizki Larasati
    2.              b.      NIM                                        : 11013063
    3.               c.      Tempat, tanggal lahir              : Bantul, 2 Desember 1992
    4.              d.      Fakultas/Program Studi          : Psikologi /Psikologi
    5.               e.      Perguruan Tinggi                    : Universitas Ahmad Dahlan
    6.               f.      No. Telp                                  :
    7.              g.      Email                          :
    8.              h.      Waktu kegiatan PKM             : 6 jam/minggu

Anggota Pelaksana,

Diah Rizki Larasati

11013063

  1. K.     RANCANGAN BIAYA

No

Nama Barang

Harga (Rp)

Jumlah

Satuan

Total harga (Rp)

Masa pakai

1.

Gunting

10.000

5

Buah

50.000

36

2.

Ember

10.000

3

Buah

30.000

36

3.

Benang Nilon

10.000

5

Bundel

50.000

36

4.

Jarum kecil

20.000

1

Lusin

 20.000

36

5.

Benang jahit

10.000

12

buah

120.000

36

6.

Jarum besar

30.000

1

Lusin

30.000

36

7.

Baskom

7.000

5

Buah

 35.000

36

8.

Plastik

10.000

3

lusin

30.000

36

9.

Banner

300.000

1

Buah

 300.000

36

10.

Manik-manik

10.000

10

pack

100.000

36

11.

Alat pengeprs

2.000.000

1

Buah

2.000.000

36

12.

Lem tembak

50.000

5

Buah

250.000

36

13.

Isi lem tembak

 5.000

10

Buah

50.000

36

14.

Kawat

100.000

2

Gulung

200.000

36

15.

Tang

25.000

4

Buah

100.000

36

16.

Alat perekat plastik (ukuran 40 cm)

320.000

3

Buah

960.000

36

17.

Pewarna (pylox)

55.000

5

Buah

275.000

36

18.

Alat pemotong (pisau)

20.000

5

Buah

100.000

36

19.

Besi buat kerangka

4.800

100

meter

480.000

36

20.

Alat perekat besi

400.000

1

buah

400.000

36

TOTAL

5.580.000

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s